Langsung ke konten utama

Teknik dasar freestyle motor bagi pemula


Cara Freestyle Motor Mudah Bagi Permula
 
      Dalam melakukan freestyle faktor yang berpengaruh bukan hanya keahlian si freestyler tetapi juga ditentukan oleh kualitas motor, dalam hal ini satu sama lain saling melengkapi.
Ada 3 teknik dasar dalam freestyle, yaitu:
1.    Wheelie
2.    Stoppie
3.    Burn-out
Untuk penjelasan lebih lanjut  bisa Anda lihat dan  baca artikel di bawah ini.

 Belajar Freestyle Wheelie
Wheelie adalah salah satu teknik freestyle dengan cara mengangkat ban depan dan berjalan dengan menggunakan gas motor. contoh wheelie seperti gambar dibawah ini.
 
Berikut ini beberapa cara untuk melakukan wheelie:
1.    Posisikan badan Anda sedikit membungkuk kea rah depan dan pastikan bahwa kaki Anda siap untuk melakukan rem belakang. Setelah itu, Anda bisa membuka atau memutar gas sedikit besar. Jangan lupa masukan ke gigi 1, kemudian tarik badann Anda ke posisi semula dan tarik setang motor sekuat mungkin dan ikuti dengan putaran gas mulai diperkecil. Apabila sudah dalam keadaan ban bagian depan naik Anda bisa sesuaikan denagn ketinggian yang diinginkan.
2.    Setelah Anda beberapa kali mencoba latihan. Cobalah untuk menaikan sudut ketinggian motor, maksudnya adalah ban bagian depan Anda bisa diangkat lebih tinggi. Untuk menghindari jatuh di samping ( biasanya untuk pemula sering sekali terjadi ) Anda bisa seimbangkan motor dengan menggunakan badan bagian atas atau jjuga badan bagian bawah atau bisa juga dengan menggunakan filling yaitu setang motor dan juga badan.
3.    Apabila motor Anda sudah dirasa cukup tinggi terangkat, tenang saja kemudian Anda bisa melakukan rem belakang agar motor dapat turun krmbali. Kemudian, putar gas sedikit agar saat ban tururn atau mendarat bantingan motor tidak terlalu keras.
Untuk melakukan wheelie agar lebih mantap, Anda bisa mengganti ukuran gear motor menjadi lebih besar untuk bagian belakang dan lebih kecil untuk bagian gear depan.

 Belajar Freestyle Stoppie
Stoppie adalah salah satu teknik dasar freestyle motor yaitu dengan mengangkat bagian ban belakang, Anda bisa mengembangkan teknik ini sendiri. Seperti, stoppie diikuti dengan memutar motor 100◦, 150◦, dan lain-lain.
 

Untuk Anda yang ingin belajar stoppie berikut ini beberapa hal yang bisa anda coba.
1.    Untuk awalan, Anda bisa menjalankan motor dengan kecepatan motor secukupnya. Kemudian setelah motor bejalan kira-kira 30-40 pada speedometer, Anda bisa menekan rem depan dengan kuat tetapi jangan terlalu kuat, intinya sampai ban bagian belakang mulai terangkat diikuti badan sedikit condong ke depan dan menekan setang ( bila diperlukan ).
2.    Saat bagian buntut motor sudah naik ke atas, Anda dapat melepas rem dengan perlahan dan ingat Anda harus tetap menjaga keseimbangan motor agar jalannya lurus ( bagi pemula ) dengan menggerakan badan kebagian kiri atau kanan agar stabil.
3.    Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maksudnya memperoleh ketinggian yang maksimal maka anda memerluka jarak yang lebih jauh untuk bisa stoppie ( endo ). Jika ketinggian sudut buntut motor Anda dirasa cukup, Anda dapat melepaskan rem dengan cepat dan kembalikan posisi badan Anda seperti semula dan jangan sampai tersungkur ke arah depan.

Untuk melakukan stoppie anda dapat memepersiapkan lapangan aspal yang kering (kesat ), maksudnya tidak ada pasir atau benda lainnya yang dapat mengganggu aksi Anda.

     Belajar Freestyle Burn-out
Burn-out adalah teknik dasar freestyle motor dengan cara mengerem bagian ban depan dan memutar gas penuh, sehingga ban bagian belakang berputar sampai mengeluarkan asap.

 

Untuk cara melakukannya, berikut adalah langkah-langkahnya:
1.    Pertama tentunya Anda menyalakan motor dan dalam keadaan standbye.
2.    Kemudian anda bisa mengguanakan tangan bagian kanan untuk memutar gas motor. Sementara sisanya masih 4 jari bisa Anda gunakan untuk menekan rem bagian depan. Kemudian, Anda dapat gas motor dan menaikannya sampai kisaran 7000-9000 RPM.
3.    Pastikan juga motor Anda berdiri kokoh dengan kaki Anda ( jika Anda masih pemula, maka hal ini perlu diperhatikan ), semua kaki menyentuh tanah dengan membentuk huruf  “A”.
4.    Selanjutnya, perlahan-lahan percepat gas sambil menjaga rem bagian depan. Agar tidak selip ( licin ) Anda bisa memegang erat rem, dan dengan sendirinya ban bagian belakang akan berputar.
5.    Anda bisa terus mempercepat gas motor untuk membuat asap hasil dari putaran ban motor yang Anda gas tersebut. Setelah selesai Anda  dapat melepaskan gas motor tersebut.

Selamat mencoba, good luck.

Komentar

  1. Saya nyoba stopi kenapa malah mrosot ban depannya bukanya njentit belakang tapi malah nyungsep🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau stoppie memang syarat utamannya tenpat yang digunakan harus bebas pasir dan tanah gan. Kalau di aspal atau di jalan paving kalau bisa ya yang tengah biasannya ga ada pasirnya

      Hapus
  2. Burn-outnya kok ban motor belakang saya susah mutar yaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk pertama-tama bisa coba di tanah/ yang berpasir mas.
      Kalo pengen di aspal, ada 2 metode sih.
      1. Dari posisi sepeda motor berjalan pelan (sangat pelan, untuk menyeimbangkan saja) habis itu anda tinggal berdiri dan usahakan badan condong ke depan. Tinggal rem depan dan gas, jaga/ stabilkan stang (setir) jangan sampai belok. Saya dulu pertama nyoba yang ini soalnya mudah balance (seimbang).
      2. Dari posisi sepeda motor diam. Cara ini sebenarnya anda hanya perlu menjaga stang anda agar tidak belok saja terus rem depan dan gas yang kuat.
      Sebenarnya dari kedua awalan tersebut anda hanya perlu keberanian memainkan gas. Pada cara 2 ini kelemahannya awalan roda muter lebih susah/ lebih berat.
      Model ban juga pengaruh sih sebenernya, tapi ga begitu banyak. Pada dasarnya semua model ban bisa. Tapi lebih mudah lagi ban yang motifnya ga begitu nonjol, seperti motif ban sepeda matic-matic.
      Terimakasih, semoga membantu.

      Hapus
  3. Gan saya nyoba wheelie udah naik jarak 15meter sy ketinggalan motornya malah meluncur itu apa yg salah gan

    BalasHapus
  4. Nanya bto,klo trik ngerem sambil putar arah gmna caranya,??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAMPU HIAS

Lampu Hias “Glow in The Cup” Hasil Daur Ulang Limbah Gelas Plastik          Sering melihat gelas plastik berserakan? Atau malah tidak pernah melihat ?        Semua yang tak terlihat bisa terlihat bercahaya seperti "Glow In The Dark".  Karya ini dibuat untuk meminimalisir sampah plastik di lingkungan saya dan bisa juga lingkungan kalian tuh...  Glow In The Cup ini sendiri terbuat dari susunan gelas plastik bekas yang dapat berputar, dan karya ini berdaya guna tinggi lo... Bisa untuk hiasan ruangan, penerangan ruangan juga tuh. Jadi, jangan sekedar mau memakai dan membuang barang begitu saja kemudian jadi sampah.       “Glow in The Cup” adalah produk lampu hias yang dibuat dari susunan gelas plastik dengan di dalam setiap gelasnya terdapat lampu Led Twinkle String Light. Konsep dasarnya hanya berbahan gelas plastik bekas dan lampu led serta dynamo sebagai penggerak lampu hias. Lampu hias ini bisa digunakan sebagai penghias ruang tamu, lampu penghias ta

Komponen mesin injeksi dan fungsi lengkapnya

Komponen Mesin Injeksi dan Fungsi Lengkapnya Kata injeksi memang sering kita dengar dalam kehidupan sehari – hari. Namun, tidak jarang orang yang belum mengetahui apa yang dimaksud injeksi, apa fungsinya, apa saja komponen yang terkandung di dalamnya. Untuk anda yang belum mengetahui mengenai hal itu semua, sebaiknya baca artikel ini sampai selesai. Seperti yang sudah di jelaskan sekilas di atas bahwa motor yang menggunakan teknologi injeksi sekarang ini sedang marak di pasaran. Hampir semua developer telah menggunakan mesin injeksi, seperti: Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan lain sebagainnya. Motor yang menggunakan mesin injeksi digadang-gadang akan lebih menghemat penggunaaan BBM. Selain itu, hasil pembakaran pada mesinnya sangat sempurna ketimbang mesin biasa. Teknologi injeksi pada motor dimulai pada tahun 2005 dan yang mengawali adalah dari pabrikan Honda yakni dengan mengeluarkan motor Honda Supra X125 PGM FI dengan kelabihan mampu menghemat sektiar 6% BBM dari M