Pengertian
NOS dan Cara Kerjanya
Orang-orang awam
biasanya menyebutnya dengan NOS yang sebenarnya bukan singkatan dari Nitrat
Oksida "N2O". NOS sebenarnya adalah
singkatan dari Nitrous Oxide System yang merupakan produsen terbesar
system injeksi Nitrous. Nitrous Oxide sebenarnya adalah sebuah nama
kimia dari N2O, karena terdiri dari 2 atom Nitrogen dan 1
atom Oksigen .
v Pengertian
Nitrous Oxide
Penggunaan Nitrous
Oksida pertama kali digunakan pada Perang Dunia II untuk pesawat Tempur.
Tujuannya untuk menkompensasi kurangnya Oksigen pada Atmosfer pada ketinggian
yang tinggi. Penggunaan Nitrous Oxide pada mobil yang pertama kali Adalah Smokey
Yunick yang merupakan pembalap NASCAR. Ia ditemukan memakai Nitrous dan
dilarang oleh NASCAR.
Nitrous Oxide atau
lebih dikenal dengan NOS atau ada juga yang mengatakan Gas Tertawa dan Udara
Manis yang sebenarnya merupakan senyawa kimia dari N2O, dalam dunia
kedokteran khususnya dokter gigi, Nitrous Oxide biasanya digunakan sebagai
Anestesi untuk menghilangkan rasa sakit pasien. Jika digunakan maka N2O
akan bereaksi menjadi NO " Nitrit Oksida" yang merupakan gas yang memiliki
akibat 298 kali per unit berat lebih berbahaya dibanding Karbon Dioksida mengakibatkan
potensi pemanasan global.
v Cara
Kerja Nitrous Oxide
Pembakaran sebenarnya
adalah campuran dari bahan bakar dan oksigen yang terbakar di ruang bakar
dengan bantuan Spark Plug “Busi”, dan terjadi sebuah ledakan yang
menghasilkan tenaga.
Apa yang terjadi jika NOS dialirkan ke saluran Intake ruang bakar???
Apa yang terjadi jika NOS dialirkan ke saluran Intake ruang bakar???
Pada suhu 296 derajat
Celcius atom Nitrogen dan Oksigen terurai, Atom Oksigen yang terlepas terbakar
bersama dengan bahan bakar di ruang bakar. MORE OXYGEN = MORE POWER. Sederhananya
seperti itu. Oleh karena itu, tentu saja kita melihat proporsi keseimbangan antara
bahan bakar dengan udara dan pembakaran yang prematur nantinya.
Jadi, kenapa kita tidak hanya memasukkan Oxigen
Murni dengan NOS dibandingkan dengan hanya Nitrous Oxide???
Apabila kita hanya
memasukkan Oxigen murni ke dalam ruang
bakar bersama dengan NOS, maka akan terjadi pembakaran yang terlalu liar,
menyebabkan engine meledak-ledak tidak teratur, ini disebabkan karena Atom
Nitrogen pada Nitrogen Oksida memiliki fungsi juga. Nitrogen ini memiliki Efek
pendingin pada suhu pembakaran dan menyerap panas serta membawanya pergi.
Nitrous Oxide juga
mendinginkan Suhu dari Udara masuk Mulai dari 60°F - 75°F dan setiap Suhu
menurun 10°F maka kita mendapat keuntungan 1% Tenaga Kuda. Dengan adanya
Nitrous Oxide kita tidak cuma dapat keuntungan Ekstra dari oxigen tapi juga
keuntungan 6% - 7% Tenaga Kuda.
Dalam Suatu Pertandingan Drag Race, seseorang yang menggunakan Nitrous Oxide lebih mendapatkan keuntungan dibanding dengan mobil yang menggunakan Intercooler atau pun Aftercooler, dengan itu dapat mengurangi beban dan mengurangi lambatnya udara masuk walau dengan TurboCharger.
Dalam Suatu Pertandingan Drag Race, seseorang yang menggunakan Nitrous Oxide lebih mendapatkan keuntungan dibanding dengan mobil yang menggunakan Intercooler atau pun Aftercooler, dengan itu dapat mengurangi beban dan mengurangi lambatnya udara masuk walau dengan TurboCharger.
v Jenis-jenis
Nitrous Oxide
Kit Injeksi kering
menyemprotkan campuran dari bahan bakar dan gas N2O dimasukkan
pada melewati Intake manifold atau udara masuk, Metode ini menyediakan power
yang kurang, dikarenakan kurangnya keseimbangan antara jumlah bahan bakar
dengan udara yang berlebih. Jadi, hal tersebut hanya menghasilkan campuran
kurus, karena kurangnya bahan bakar dibanding udara, dan engine hanya akan
meledak-ledak dengan power yang kurang.
·
Nitrous Oxide Kit Injeksi Basah (wet
kit)
Kit Injeksi Basah
menyemprotkan Nitrous Oxide bersama dengan bahan bakar pada Injector. dengan
ini, rasio dari bahan bakar dan N2O dapat seimbang dengan
udara yang dimasukkan sehingga menghasilkan power yang lebih dari biasa, namun
hal yang harus difikirkan ialah hasil dari pembakaran yang tidak sempurna, Wet
Kit mengahasilkan genangan bahan bakar yang terjebak di ruang bakar, dan dapat
dipastikan bisa menjadi bumerang buat kita dan yang paling ditakutkan apabila
kurang Durability dari component tersebut dapat rusak seketika.
·
Hardcore Injection Sytem
Ada juga yang lebih
nekat, system ini dimodifikasi dengan sedemikian rupa sehingga N2O
dapat disemprotkan langsung melalui port injeksi. Berbeda dengan Wet Kit,
bedanya adalah Nitrous memiliki Injector tersendiri dan tidak dicampur dengan
bahan bakar sebelum pembakaran. Dengan kata lain, Engine tersebut memiliki 2
Injektor pada satu ruang bakar.
v Keamanan
Penggunaan Nitrous Oxide
Dengan Power yang
berlebih , bagaimana orang dapat mengendalikan kinerjanya tanpa membuat engine
Blow-up atau bisa dikatakan rusak???
Menggunakan Wet Kit
atau kit basah dapat kita kendalikan dengan :
o
Meseimbangan antara bahan bakar N2O dan
udara agar terjadi pembakaran yang efisien.
o
Pengendali pengapian juga dapat di
pasang dengan memperlambat waktu percikan ketika nitrogen oxida digunakan agar
tidak terjadi pembakaran yang premature atau pembakaran terjadi sebelum
waktunya, atau biasa juga dikenal dengan mengetuk "Knocking" atau pun
isu suara seperti peluru "Pinging".
o
Bahan bakar beroktan tinggi juga
digunakan , seperti Pertamax+ dan Shell extra dengan oktan kadar oktan 95 .
Hampir paham..
BalasHapus