Langsung ke konten utama

Proses Kerja Motor 2-tak dan Motor 4-tak



          Pasti kita tidak asing lagi dengan motor. Dan sering sekali mendengar dan membicarakan tentang mesin 2-tak dan 4-tak, tetapi kadang banyak orang yang kurang tahu mengenai yang mereka bicarakan dan apa yang membedakannya. Di bawah ini penjelasannya

PROSES KERJA SEPEDA MOTOR 2-TAK DAN 4-TAK
Berdasarkan langkah kerja dalam proses pembakaran, sepeda motor dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu sepeda moror 4-tak (empat langkah) dan sepeda motor 2-tak (2 langkah). Perbedaan kedua tipe ini dapat dilihat dari konstruksi mesinnya, sepeda motor 4 tak mempunyai katup-katup yang berfungsi mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mesin dan mengatur pembuangan gas sisa pembakaran. Pada sepeda motor 2 tak, terdapat saluran pemasukan, pembuangan, dan pembilasan bahan bakar yang diatur oleh piston dalam blok silinder.


  •   Sepeda Motor 2 Tak

Sumber: http://distromotor.com/wp-content/uploads/2015/10/Ciri-Perbedaan-Motor-2-Tak.jpg
Sepeda motor 2 tak adalah sepeda motor yang bermesin 2 langkah, artinya dalam satu siklus kerja dibutuhkan dua langkah, yaitu langkah isap dan langkah buang. Dengan kata lain, mesin 2 tak merupakan mesin yang memiliki siklus kerja dua gerakan piston dalam satu kali putaran poros engkol. Titik tertinggi yang dicapai piston disebut titik mati atas (TMA). Dan titik terendah yang dicapai piston disebut titik mati bawah (TMB). Gerakan seher dari TMB ke TMA disebut satu langkah piston (stroke) atau sama dengan setengah putaran poros engkol.

        1. Langkah Isap (Up Ward Stroke)
Pada langkah isap piston bergerak naik dari TMB menuju TMA. Pada saat piston di posisi TMB, bahan bakar yang berada di bawah piston didorong dan keluar dari saluran pembilasan. Proses selanjutnya, bahan bakar yang keluar dari saluran pembilasan didorong piston sampai mencapai posisi TMA. Pada saat hamper mencapai TMA, piston menutup saluran pembuangan dan saluran pembilasan. Akibatnya, saluran pemasukan bahan bakar terbuka yang menyebabkan bahan bakar secara otomatis masuk melalui saluran pemasukan di bawah piston. Bahan bakar yang telah ada di silinder ditekan naik oleh piston sampai mencapai posisi TMA. Tekanan di silinder meningkat, kemudian bunga api dari busi membakar bahan bakar dan udara menjadi letusan.

        1. Langkah Buang (Down Ward Stroke)
Letusan tersebut menghasilkan tenaga yang digunakan untuk mendorong piston bergerak turun dari TMA menuju TMB. Piston bergerak turun akan mendorong bahan bakar yang telah berada di bawah piston menuju saluran pembilasan. Saat piston bergerak turun saluran buang dan saluran pembilasan dalam keadaan terbuka. Gas sisa pembakaran akan terdorong keluar melalui saluran pembuangan menuju knalpot akibat desakan bahan bakar dan udara yang masuk dalam silinder melalui saluran pembilasan. Dengan terbuangnya gas sisa hasil pembakaran, kerja mesin 2 tak selesai untuk satu proses kerja (siklus). Proses up ward stroke dan down ward stroke akan terus bekerja silih berganti.



  •   Sepeda Motor 4 Tak

Sumber: http://allenginner.blogspot.co.id/2015/04/bagi-teman-teman-yg-masih-ragu-tentang.html
Sepeda motor 4-tak adalah sepeda motor yang bermesin empat langkah. Disebut empat langkah karena satu siklus kerjanya dilakukan dalam empat langkah, yaitu langkah isap, langkah kompresi, langkah kerja, dan langkah buang. Jadi, dalam satu kali proses kerja terjadi empat langkah gerakan piston dalam dua kali putaran poros engkol.

        1. Langkah Kompresi I
Pada kompresi I, piston bergerak dari TMA ke TMB. Saat piston bergerak turun, katup masuk dalam keadaan terbuka, sehingga campuran bahan bakar dan udara terisap masuk kedalam silinder. Ketika piston mencapai TMB, katup masuk dalam keadaan tertutup. Dapat dikatakan bahwa langkah kompresi I selesai.

        1. Langkah Kompresi II
Pada langkah kompresi II, kedua katup (katup masuk dan katup buang) dalam keadaan tertutup. Piston bergerak naik dari TMB menuju TMA mendorong campuran bahan baker dan udara dalam silinder, sehingga menyebabkan tekanan udara dalam silinder meningkat. Sebelum piston mencapai TMA campuran bahan bakar dan udara yang bertekanan tinggi dibakar oleh percikan api busi.

        1. Langkah Isap
Pada langkah isap, percikan api busi yang bereaksi dengan campuran bahan bakar dan udara bertekanan tinggi akan menimbulkan letusan. Letusan ini akan menghasilkan tenaga yang mendorong piston bergerak turun menuju TMB. Tenaga yang dihasilkan oleh langkah kerja diteruskan poros engkol untuk menggerakkan gigi transmisi yang menggerakkan gir depan.

        1. Langkah Buang
Pada langkah buang, piston bergerak naik dari TMB menuju TMA. Katup masuk dalam keadaan tertutup dan katup buang dalam keadaan terbuka. Gas sisa hasil pembakaran terdorong keluar menuju saluran pembuangan. Dengan terbuangnya gas sisa pembakaran, berarti kerja keempat langkah mesin untuk satu kali proses kerja (siklus) telah selesai.

Sekian infonya, semoga bermanfaat. Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAMPU HIAS

Lampu Hias “Glow in The Cup” Hasil Daur Ulang Limbah Gelas Plastik          Sering melihat gelas plastik berserakan? Atau malah tidak pernah melihat ?        Semua yang tak terlihat bisa terlihat bercahaya seperti "Glow In The Dark".  Karya ini dibuat untuk meminimalisir sampah plastik di lingkungan saya dan bisa juga lingkungan kalian tuh...  Glow In The Cup ini sendiri terbuat dari susunan gelas plastik bekas yang dapat berputar, dan karya ini berdaya guna tinggi lo... Bisa untuk hiasan ruangan, penerangan ruangan juga tuh. Jadi, jangan sekedar mau memakai dan membuang barang begitu saja kemudian jadi sampah.       “Glow in The Cup” adalah produk lampu hias yang dibuat dari susunan gelas plastik dengan di dalam setiap gelasnya terdapat lampu Led Twinkle String Light. Konsep dasarnya hanya berbahan gelas plastik bekas dan lampu led serta dynamo sebagai penggerak lampu hias. Lampu hias ini bisa digunakan sebagai penghias ruang tamu, lampu penghias ta

Teknik dasar freestyle motor bagi pemula

Cara Freestyle Motor Mudah Bagi Permula         Dalam melakukan freestyle faktor yang berpengaruh bukan hanya keahlian si freestyler tetapi juga ditentukan oleh kualitas motor, dalam hal ini satu sama lain saling melengkapi. Ada 3 teknik dasar dalam freestyle, yaitu: 1.    Wheelie 2.    Stoppie 3.    Burn-out Untuk penjelasan lebih lanjut  bisa Anda lihat dan  baca artikel di bawah ini.  Belajar Freestyle Wheelie Wheelie adalah salah satu teknik freestyle dengan cara mengangkat ban depan dan berjalan dengan menggunakan gas motor. contoh wheelie seperti gambar dibawah ini.   Berikut ini beberapa cara untuk melakukan wheelie: 1.    Posisikan badan Anda sedikit membungkuk kea rah depan dan pastikan bahwa kaki Anda siap untuk melakukan rem belakang. Setelah itu, Anda bisa membuka atau memutar gas sedikit besar. Jangan lupa masukan ke gigi 1, kemudian tarik badann Anda ke posisi semula dan tarik setang motor sekuat mungkin dan ikuti dengan putaran gas mulai diperkecil. Apab

Komponen mesin injeksi dan fungsi lengkapnya

Komponen Mesin Injeksi dan Fungsi Lengkapnya Kata injeksi memang sering kita dengar dalam kehidupan sehari – hari. Namun, tidak jarang orang yang belum mengetahui apa yang dimaksud injeksi, apa fungsinya, apa saja komponen yang terkandung di dalamnya. Untuk anda yang belum mengetahui mengenai hal itu semua, sebaiknya baca artikel ini sampai selesai. Seperti yang sudah di jelaskan sekilas di atas bahwa motor yang menggunakan teknologi injeksi sekarang ini sedang marak di pasaran. Hampir semua developer telah menggunakan mesin injeksi, seperti: Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan lain sebagainnya. Motor yang menggunakan mesin injeksi digadang-gadang akan lebih menghemat penggunaaan BBM. Selain itu, hasil pembakaran pada mesinnya sangat sempurna ketimbang mesin biasa. Teknologi injeksi pada motor dimulai pada tahun 2005 dan yang mengawali adalah dari pabrikan Honda yakni dengan mengeluarkan motor Honda Supra X125 PGM FI dengan kelabihan mampu menghemat sektiar 6% BBM dari M