Langsung ke konten utama

Pengertian NOS dan Cara Kerjanya


Pengertian NOS dan Cara Kerjanya
Orang-orang awam biasanya menyebutnya dengan NOS yang sebenarnya bukan singkatan dari Nitrat Oksida "N2O". NOS sebenarnya adalah singkatan dari Nitrous Oxide System yang merupakan produsen terbesar system injeksi Nitrous. Nitrous Oxide sebenarnya adalah sebuah nama kimia dari N2O, karena terdiri dari 2 atom Nitrogen dan 1 atom Oksigen .



v  Pengertian Nitrous Oxide
Penggunaan Nitrous Oksida pertama kali digunakan pada Perang Dunia II untuk pesawat Tempur. Tujuannya untuk menkompensasi kurangnya Oksigen pada Atmosfer pada ketinggian yang tinggi. Penggunaan Nitrous Oxide pada mobil yang pertama kali Adalah Smokey Yunick yang merupakan pembalap NASCAR. Ia ditemukan memakai Nitrous dan dilarang oleh NASCAR. 
Nitrous Oxide atau lebih dikenal dengan NOS atau ada juga yang mengatakan Gas Tertawa dan Udara Manis yang sebenarnya merupakan senyawa kimia dari N2O, dalam dunia kedokteran khususnya dokter gigi, Nitrous Oxide biasanya digunakan sebagai Anestesi untuk menghilangkan rasa sakit pasien. Jika digunakan maka N2O akan bereaksi menjadi NO " Nitrit Oksida" yang merupakan gas yang memiliki akibat 298 kali per unit berat lebih berbahaya dibanding Karbon Dioksida mengakibatkan potensi pemanasan global. 

v  Cara Kerja Nitrous Oxide
Pembakaran sebenarnya adalah campuran dari bahan bakar dan oksigen yang terbakar di ruang bakar dengan bantuan Spark Plug “Busi”, dan terjadi sebuah ledakan yang menghasilkan tenaga.
Apa yang terjadi jika NOS dialirkan ke saluran Intake ruang bakar???
Pada suhu 296 derajat Celcius atom Nitrogen dan Oksigen terurai, Atom Oksigen yang terlepas terbakar bersama dengan bahan bakar di ruang bakar. MORE OXYGEN = MORE POWER. Sederhananya seperti itu. Oleh karena itu, tentu saja kita melihat proporsi keseimbangan antara bahan bakar dengan udara dan pembakaran yang prematur nantinya.
Jadi, kenapa kita tidak hanya memasukkan Oxigen Murni dengan NOS dibandingkan dengan hanya Nitrous Oxide???
Apabila kita hanya memasukkan Oxigen murni  ke dalam ruang bakar bersama dengan NOS, maka akan terjadi pembakaran yang terlalu liar, menyebabkan engine meledak-ledak tidak teratur, ini disebabkan karena Atom Nitrogen pada Nitrogen Oksida memiliki fungsi juga. Nitrogen ini memiliki Efek pendingin pada suhu pembakaran dan menyerap panas serta membawanya pergi.
Nitrous Oxide juga mendinginkan Suhu dari Udara masuk Mulai dari 60°F - 75°F  dan setiap Suhu menurun 10°F maka kita mendapat keuntungan 1% Tenaga Kuda. Dengan adanya Nitrous Oxide kita tidak cuma dapat keuntungan Ekstra dari oxigen tapi juga keuntungan 6% - 7% Tenaga Kuda.
Dalam Suatu Pertandingan Drag Race, seseorang yang menggunakan Nitrous Oxide lebih mendapatkan keuntungan dibanding dengan mobil yang menggunakan Intercooler atau pun Aftercooler, dengan itu dapat mengurangi beban dan mengurangi lambatnya udara masuk walau dengan TurboCharger.

v  Jenis-jenis Nitrous Oxide

·         Nitrous Oxide Kit Injeksi Kering (dry kit)
Kit Injeksi kering menyemprotkan campuran dari bahan bakar dan gas  N2O dimasukkan pada melewati Intake manifold atau udara masuk, Metode ini menyediakan power yang kurang, dikarenakan kurangnya keseimbangan antara jumlah bahan bakar dengan udara yang berlebih. Jadi, hal tersebut hanya menghasilkan campuran kurus, karena kurangnya bahan bakar dibanding udara, dan engine hanya akan meledak-ledak dengan power yang kurang.

·         Nitrous Oxide Kit Injeksi Basah (wet kit)
Kit Injeksi Basah menyemprotkan Nitrous Oxide bersama dengan bahan bakar pada Injector. dengan ini, rasio dari bahan bakar dan  N2O dapat seimbang dengan udara yang dimasukkan sehingga menghasilkan power yang lebih dari biasa, namun hal yang harus difikirkan ialah hasil dari pembakaran yang tidak sempurna, Wet Kit mengahasilkan genangan bahan bakar yang terjebak di ruang bakar, dan dapat dipastikan bisa menjadi bumerang buat kita dan yang paling ditakutkan apabila kurang Durability dari component tersebut dapat rusak seketika.

·         Hardcore Injection Sytem
Ada juga yang lebih nekat, system ini dimodifikasi dengan sedemikian rupa sehingga  N2O dapat disemprotkan langsung melalui port injeksi. Berbeda dengan Wet Kit, bedanya adalah Nitrous memiliki Injector tersendiri dan tidak dicampur dengan bahan bakar sebelum pembakaran. Dengan kata lain, Engine tersebut memiliki 2 Injektor pada satu ruang bakar.


v  Keamanan Penggunaan Nitrous Oxide
Dengan Power yang berlebih , bagaimana orang dapat mengendalikan kinerjanya tanpa membuat engine Blow-up atau bisa dikatakan rusak???
Menggunakan Wet Kit atau kit basah dapat kita kendalikan dengan :
o   Meseimbangan antara bahan bakar  N2O dan udara agar terjadi pembakaran yang efisien.
o   Pengendali pengapian juga dapat di pasang dengan memperlambat waktu percikan ketika nitrogen oxida digunakan agar tidak terjadi pembakaran yang premature atau pembakaran terjadi sebelum waktunya, atau biasa juga dikenal dengan mengetuk "Knocking" atau pun isu suara seperti peluru "Pinging".
o   Bahan bakar beroktan tinggi juga digunakan , seperti Pertamax+ dan Shell extra dengan oktan kadar oktan 95 .
















Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAMPU HIAS

Lampu Hias “Glow in The Cup” Hasil Daur Ulang Limbah Gelas Plastik          Sering melihat gelas plastik berserakan? Atau malah tidak pernah melihat ?        Semua yang tak terlihat bisa terlihat bercahaya seperti "Glow In The Dark".  Karya ini dibuat untuk meminimalisir sampah plastik di lingkungan saya dan bisa juga lingkungan kalian tuh...  Glow In The Cup ini sendiri terbuat dari susunan gelas plastik bekas yang dapat berputar, dan karya ini berdaya guna tinggi lo... Bisa untuk hiasan ruangan, penerangan ruangan juga tuh. Jadi, jangan sekedar mau memakai dan membuang barang begitu saja kemudian jadi sampah.       “Glow in The Cup” adalah produk lampu hias yang dibuat dari susunan gelas plastik dengan di dalam setiap gelasnya terdapat lampu Led Twinkle String Light. Konsep dasarnya hanya berbahan gelas plastik bekas dan lampu led serta dynamo sebagai penggerak lampu hias. Lampu hias ini bisa digunakan sebagai penghias ruang tamu, lampu penghias ta

Teknik dasar freestyle motor bagi pemula

Cara Freestyle Motor Mudah Bagi Permula         Dalam melakukan freestyle faktor yang berpengaruh bukan hanya keahlian si freestyler tetapi juga ditentukan oleh kualitas motor, dalam hal ini satu sama lain saling melengkapi. Ada 3 teknik dasar dalam freestyle, yaitu: 1.    Wheelie 2.    Stoppie 3.    Burn-out Untuk penjelasan lebih lanjut  bisa Anda lihat dan  baca artikel di bawah ini.  Belajar Freestyle Wheelie Wheelie adalah salah satu teknik freestyle dengan cara mengangkat ban depan dan berjalan dengan menggunakan gas motor. contoh wheelie seperti gambar dibawah ini.   Berikut ini beberapa cara untuk melakukan wheelie: 1.    Posisikan badan Anda sedikit membungkuk kea rah depan dan pastikan bahwa kaki Anda siap untuk melakukan rem belakang. Setelah itu, Anda bisa membuka atau memutar gas sedikit besar. Jangan lupa masukan ke gigi 1, kemudian tarik badann Anda ke posisi semula dan tarik setang motor sekuat mungkin dan ikuti dengan putaran gas mulai diperkecil. Apab

Komponen mesin injeksi dan fungsi lengkapnya

Komponen Mesin Injeksi dan Fungsi Lengkapnya Kata injeksi memang sering kita dengar dalam kehidupan sehari – hari. Namun, tidak jarang orang yang belum mengetahui apa yang dimaksud injeksi, apa fungsinya, apa saja komponen yang terkandung di dalamnya. Untuk anda yang belum mengetahui mengenai hal itu semua, sebaiknya baca artikel ini sampai selesai. Seperti yang sudah di jelaskan sekilas di atas bahwa motor yang menggunakan teknologi injeksi sekarang ini sedang marak di pasaran. Hampir semua developer telah menggunakan mesin injeksi, seperti: Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan lain sebagainnya. Motor yang menggunakan mesin injeksi digadang-gadang akan lebih menghemat penggunaaan BBM. Selain itu, hasil pembakaran pada mesinnya sangat sempurna ketimbang mesin biasa. Teknologi injeksi pada motor dimulai pada tahun 2005 dan yang mengawali adalah dari pabrikan Honda yakni dengan mengeluarkan motor Honda Supra X125 PGM FI dengan kelabihan mampu menghemat sektiar 6% BBM dari M